Cara Memilih Mesin Genset Listrik Yang Tepat dan Cermat

Sejak listrik dinobatkan sebagai salah satu kebutuhan energi utama yang dibutuhkan dalam kehidupan manusia, kebutuhan akan mesin genset listrik juga terus meningkat. Masyarakat modern yang tidak akan pernah bisa terlepas dari listrik akna selamanya bergantung dan memanfaatkan listrik sepanjang hidup mereka. Sayangnya, seiring dengan meningkatnya kebutuhan listrik, masalah yang dihadapi masyarakat dalam menikmati listrik juga terus bertambah mulai dari masalah teknis yang membutuhkan perbaikan agar aliran listrik dari penyedia energi listrik utama terpaksa harus memutus sementara aliran listrik yang berdampak pada aktivitas sehari- hari masyarakat.

Kerapnya terjadi pemadaman bergilir demi menghemat pengeluaran energi listrik juga merugikan kegiatan masyarakat, terlebih lagi jika durasi pemadaman cukup memakan waktu yang lama, bisa-bisa semua kegiatan manusia  terhambat dengan sempurna.

Salah satu solusi dari permasalahan listrik tersebut adalah genset listrik terbaru. Mesin genset atau generator set adalah mesin yang bekerja mengalirkan energi listrik dari hasil perubahan energi mekanik. Jika Anda berminat menghadirkan mesin ini di kehidupan Anda, maka berikut adalah tips dalam memilih mesin genset yang tepat.

  1. Pilih Genset Sesuai Kebutuhan Daya Listrik Yang Akan Digunakan

Sebelumnya Anda harus tahu seberapa besar daya listrk yang Anda gunakan sehari-hari. Besaran ini yang nanti dijadikan patokan dalam memilih kapasitas genset. Kapasitas genset yang ideal adalah memilih kapasitas genset yang harus lebih besar 30% dari total keseluruhan daya listrik yang dibutuhkan dalam sehari-hari. Kapastas daya listrik yang lebih besar ini diperlukan jika sewaktu-waktu Anda membutuhkan daya tambahan dari biasanya dan mencegah kekurangan daya apabila hitungan kebutuhan daya listrik harian Anda kurang tepat.

  1. Menghitung Kebutuhan DayaListrik

Hitung daya listrik harian yang Anda perlukan untuk menghidupkan peralatan elektronik yang biasa Anda gunakan sehari-hari. Perhitungan ini dihitung berdasarkan kebutuhan dalam 24 jam untuk mengantsipasi kekurangan daya listrik pada saat terjadi pemadaman listrik dalam waktu 24 jam.

  1. Memperbanyak Review Genset dan Meminta Rekomendasi Bila Perlu

Jika Anda sudah mendapatkan hitungan kapasitas yang Anda perlukan, maka saatnya memilih tipe genset mana yang sesuai dengan Anda dan yang banyak digunaka oleh masyarakat. Anda dapat memulainya dengan berkonsultsi dengan rekan yang sudah pernah membeli mesin genset sebelumnya. Tanyakan seputar merk genset apa yang paling banyak digunakan oleh masyarakat. Bila perlu mintalah rekomendasi dari pemilik dealer genset yang cenderung lebih tahu tipe dan merk apa yang terbaik sesuai kebutuhan Anda.

  1. Belajar Cara Perawatan Genset

Mempelajari bagaimana cara yang tepat dalam melakukan perawatan genset adalah langkah yang sangat baik bagi Anda jika berniat memiliki genset pribadi. Hal ini berkaitan dengan biaya perawatan genset yang cenderung mahal dan harga spareparts mesin genset yang tidak murah. Jadi untuk mengantisipasinya dapat dengan cara mempelajari bagaimana cara perawatan sehari-hari genset listrik dengan tepat. Anda dapat mempelajarinya dengan menanyakan kepada para teknisi atau mencari referensi sendiri melalui Youtube dan buku.

  1. Pilihlah Genset Berasuransi

Sama seperti produk-produk pada umumnya, akan lebih baik jika Anda dapat terjamin secara garansi. Walaupun hampir semua dealer memberikan masa garansi kepada Anda, tidak ada salahnya jika Anda tetap menanyakan seputar keaslian dan keuntungan garansi yang ditawarkan tersebut. Jangan sampai garansi mesin genset listrik yang ditawarkan kepada Anda hanya sebatas formalitas dan tidak memiliki keabsahan.