Bagaimana Memilih Genset 3 Phase Bekas Namun Berkualitas?

Bagi sebagian masyarakat, membeli barang bekas merupakan salah satu alternatif untuk mengurangi beban anggaran.Hal ini juga berlaku untuk barang–barang elektronik ataupun mesin seperti genset.Karena harga genset terutama genset 3 Phase terbaru termasuk cukup mahal maka banyak orang yang membeli produk bekas pakai.Meskipun banyak orang yang mengatakan jika membeli barang seperti genset bekas kurang menguntungkan karena kualitasnya tidak seperti produk baru tapi tidak semuanya benar demikian.

Cara Memilih genset bekas

Tidak semua genset bekas memiliki kualitas yang buruk semua itu tergantung pada seberapa lama genset tersebut digunakan dan juga kerusakan yang dimilikinya (jika ada).Jika kalian termasuk orang yang rajin dan teliti maka bukan tidak mungkin jika kalian bisa mendapatkan genset bekas berkualitas dengan harga yang cukup terjangkau. Namun, sebelum kalian membelinya ada baiknya kalian mengetahui cara memilih genset bekas yang bagus lebih dulu.

  1.   Pilih merek yang terkenal

Semakin terkenal suatu merek maka biasanya kualitas yang diberikan lebih bisa dipercaya. Selain masalah reputasi, masalah  perawatan dan service juga akan mempengaruhi. Genset dengan merek terkenal biasanya lebih banyak memiliki layanan pelanggan. Selain itu, merek-merek terkenal biasanya juga lebih banyak memiliki tenaga ahli sehingga jika mengalami kerusakan kalian tidak perlu repot mencari teknisi yang berpengalaman.

  1.   Perhatikan umur dan lama penggunaan

Hal pertama yang perlu kalian perhatikan saat membeli genset bekas adalah berapa usia dan sejarah mesin tersebut. Mesin genset biasanya memiliki pembacaan seperti yang dimiliki oleh mobil sehingga akan memudahkan kalian untuk mengetahui kebutuhan mesin tersebut. Perlu kalian ketahui, genset yang dijadikan sebagai sumber daya cadangan biasanya memiliki kualitas yang lebih bagus karena lebih dirawat sehingga memiliki keausan yang tidak begitu parah sehingga lebih baik memilih genset seperti ini jika ingin membeli genset bekas.

  1.   Reputasi tempat asal genset

Biasanya genset bekas kerap berasal dari proses penyitaan ataupun lelang suatu pabrik. Meskipun sering dianggap tidak penting namun ada baiknya jika kalian mengetahui riwayat genset tersebut sebelum berada di tangan kalian. Hal ini dikarenakan genset tersebut nantinya akan digunakan untuk kepentingan usaha sehingga kalian bisa saja tempat sebelumnya terkena suatu bencana atau sesuatu yang bisa mempengaruhi performa mesin genset tersebut.

  1.   Kerusakan yang dialami

Berhati-hati saat kalian menemukan genset bekas yang mengalami kerusakan baik kerusakan kecil maupun kerusakan yang serius.Hal ini dikarenakan sekecil apapun kerusakan yang terjadi dikhawatirkan bisa mengganggu kinerja genset tersebut dikemudian hari.Oleh sebab itu, saat membeli sebaiknya pastikan selalu membawa teknisi ahli yang terpercaya untuk meneliti mesin tersebut.

Membeli secara langsung sangat dianjurkan

Tidak seperti produk lainnya, membeli genset tidak bisa dilakukan secara online. Meskipun ada penjual yang menawarkan produk serupa di berbagai e-commerce namun karena kalian akan membeli genset bekas maka sebaiknya kalian datang langsung ke tempat penjualan. Selain lebih praktis, cara ini juga bisa dikatakan lebih aman.

Biasanya, genset bekas terutama genset 3 Phasemerupakan genset yang diperoleh dari hasil penyitaan ataupun lelang yang berasal dari pabrik-pabrik yang dinyatakan bankrut.Karena itulah maka kalian disarankan untuk membawa seorang teknisi terpercaya.Kebanyakan genset bekas sudah digunakan cukup lama sehingga ada kemungkinan kerusakan yang bisa mempengaruhi kinerja mesin-mesinnya.Namun, hal itu tidak membuat semua genset bekas bermasalah. Meskipun cukup jarang tapi jika kalian beruntung maka kalian bisa menemukan genset yang belum terlalu lama dipakai sehingga kualitasnya hampir sama seperti baru. .

 

 

Membeli Genset 3 Phase Dengan Harga Miring

Meskipun generator atau genset  3 Phase terbaik kerap dibutuhkan terutama untuk bidang industri, namun tidak bisa dipungkiri harganya yang cukup mahal bisa sangat membebani anggaran. Meskipun harga genset jenis ini bervariasi (ada yang murah dan ada yang mahal tergantung kapasitasnya) namun tetap saja harganya lebih mahal dibandingkan genset pada umumnya.Lalu, apakah kita sebenarnya bisa mendapatkan produk serupa namun dengan harga yang lebih murah?

Cara membeli genset 3 Phase dengan harga miring

Harga sebuah genset sangat berkaitan dengan kapasitas yang dimilikinya. Semakin besar kapasitasnya maka akan semakin mahal harga genset tersebut. Oleh sebab itu, sebelum kalian membeli genset baru, ada baiknya jika kalian melakukan langkah-langkah dibawah ini lebih dulu.

  1.   Ketahui kebutuhan listrik kalian

Sebelum membeli kalin harus tahu listrik sebanyak apa yang kalian butuhkan. Agar lebih mudah kalian bisa menghitung sebanyak apa daya yang dibutuhkan oleh peralatan elektronik di rumah atau tempat usahakalian lalu bandingkan dengan nilai Kwh yang kalian miliki. Dengan mengetahui konsumsi listrik yang diperlukan maka kalian bisa memilih genset yang sesuai.Namun,menurut beberapa sumber ada baiknya jika kalian memilih genset yangmemiliki kapasitasyang lebih besar dibandingkan dengan yang kalian butuhkan.

  1.   Pilih genset dengan bahan bakar yang gampang ditemukan

Bahan bakar genset bermacam-macam mulai dari solar untuk genset yang memiliki mesin diesel, bensin ataupun bensin campuran. Meskipun harga genset yang kalian butuhkan terbilang mahal namun jika kalian membandingkannya dengan biaya yang harus dikeluarkan untuk membeli bahan bakanya tentu saja hasilnya akan berbeda. Memilih genset dengan bahan bakar yang mudah dicari tentu akan lebih menghemat pengeluaran kalian kedepannya.

  1.   Pilih genset yang mudah digunakan

Jangan memaksakan diri untuk menggunakan genset yang sulit untuk dioperasikan.Hal ini selain membuang-buang waktu juga beresiko besar merusak peralatan tersebut.

  1.   Membeli langsung dari distributor

Jika kalian tinggal di kota besar biasanya akan mudah ditemukan distributor genset terutama yang  berjenis 3 Phrase. Selain lebih aman karena semua produk dijamin kualitas dan keasliannya kalian juga bisa mendapatkan harga yang lebih murah karena dibeli tanpa melalui banyak perantara.

  1.   Menggunakan koneksi yang dimiliki

Jika kalian memiliki banyak relasi maka tidak ada  salahnya memanfaatkan jaringan pertemanan kalian untuk mendapatkan produk berkualitas dengan harga murah. Biasanya, jika membeli melalui orang dalam kalian justru bisa diberikan diskon atau harga khusus.Tentu hal ini cukup lumayan untuk menghemat anggaran kalian.

Membeli baru atau bekas?

Selain membeli baru, ada juga beberapa orang yang lebih memilih genset bekas pakai karena masalah harga.Tidak bisa dipungkiri harga barang bekas biasanya memiliki selisih harga yang cukup tinggi dibandingkan dengan produk yang masih baru.Akan tetapi, membeli produk bekas terutama genset tentu memiliki resiko yang cukup tinggi terutama soal kualitasnya.

Barang-barang elektronik ataupun mesin seperti genset terkenal memiliki kualitas yang kurang bagus jika telah lama digunakan.Namun, hal tersebut tentu tidak bisa dijadikan alasan untuk tidak membeli barang bekas karena banyak juga barang bekas yang masih bagus saat digunakan.Meskipun kadang-kadang barang yang diperjual belikan sudah cukup tua tapi bila kondisinya masih bagus dan tidak kalah dengan produk yang masih baru.

Hampir sama dengan genset 3 Phase, karena harga produk ini sangat mahal maka ada yang lebih memilih produk bekas pakai terutama untuk genset yang memiliki kapasitas cukup besar. Meskipun tidak salah namun sebaiknya kalian memeriksa kondisi mesin dengan cermat sebelum membelinya.Bahkan bila perlu bawalah seorang teknisi berpengalaman untuk membantu kalian.

 

 

 

 

 

3 Hal Yang Wajib Diketahui Sebelum Membeli Genset Diesel

Memiliki pasokan listrik cadangan di zaman sekarang ini memanglah bukan hal yang baru lagi. Semakin bertambahnya tahun, semakin bertambah pula kesadaran orang-orang untuk memiliki cadangan listrik sendiri. Mengingat akhir-akhir ini banyak kejadian yang tak terduga yang berdampak langsung pada listrik seperti pemadaman, bencana alam baik kecil maupun besar, serta acara kemasyarakatan yang memaksa kita untuk menyediakan listrik dalam jumlah yang besar. Genset yang biasa digunakan umumnya berbahan bakar bensin atau solar. Yang lebih banyak dipakai sebagai pemasok energi cadangan ialah genset berbahan bakar solar atau biasa kita kenal dengan genset diesel. Genset yang satu ini memiliki kualitas yang cukup bagus dan juga memiliki umur yang panjang pada umumnya. Genset ini sangat cocok untuk menjadi penyedia listrik cadangan bagi akifitas sehari-hari, acara besar, maupun saat dalam kondisi darurat. Berikut adalah beberapa hal yang wajib diketahui sebelum anda membeli genset diesel.

  1. Sesuaikan kebutuhan listrik

Sebelum memutuskan untuk membeli genset diesel yang anda inginkan, ada baiknya jika anda memperhatikan berapa kebutuhan listrik yang akan anda butuhkan untuk kegiatan anda. Anda harus memperhatikan fungsi genset tersebut setelah nantinya terbeli. Jika anda hanya butuh genset tersebut untuk cadangan jika sewaktu-waktu listrik mati maka pilihlah genset dengan daya listrik yang kecil. Jika anda membutuhkan genset untuk kepentingan industry seperti pabrik, kebutuhan usaha, dan lainnya maka pilihlah genset yang memiliki daya yang besar agar mampu menyediakan listrik untuk kepentingan anda tersebut.

 

  1. Perhatikan Harga

Hal ini menjadi poin yang paling penting yang harus anda lakukan sebelum membeli genset. Pastikan anda memiliki persiapan dengan menggali lebih banyak informasi soal harga genset yang akan anda beli di pasaran. Anda bisa mendapatkan informasi tersebut dari internet maupun sumber informasi lainnya. dengan mengetahui harga pasaran genset tersebut, maka anda bisa melakukan perbandingan harga antara genset satu dengan yang lainnya. Harga genset sendiri sangat bervariatif mulai dari yang murah sampai yang mahal tergantung jenis dan tipe genset tersebut. Biasanya genset silent cenderung lebih mahal daripada genset open. Hal ini disebabkan karena genset silent memiliki pelindung atau box yang melindungi body genset. Pelindung ini dapat meredam suara berisik dari genset tersebut sekaligus dapat meredam poklusi yang dihasikan dari mesin genset. Selain itu, genset dengan bahan bakar solar biasanya lebih mahal daripada genset yang berbahan bakar bensin.

 

  1. Ketersediaan suku cadang

Pilihlah genset dengan merk terkenal yang sudah terpercaya dan teruji kualitasnya. Karena pada umumnya, semakin terkenalnya merk genset maka akan semakin mudah mencari suku cadang yang dibuthkan jika sewaktu waktu genset mengalami kerusakan. Dengan mudahnya mendapatkan suku cadang mesin genset yang kita punya otomatis akan mempermudah anda pada saat melakukan servis dan perawatan berkala yang dilakukan setiap bulan.

 

Jadi menyediakan genset sebagai penyedia lstrik cadangan cukup penting untuk dilakukan. Pilihlah genset diesel yang memang sudah terbukti kualitasnya dan yang paling laris di pasaran. Ketiga hal diatas penting untuk dilakukan untuk mencegah anda membeli genset yang salah atau tidak sesuai dengan kebutuhan anda. Salah membeli genset juga akan menyebabkan beberapa kerugian pada anda seperti kerugian biaya, waktu, dan juga ketahanan mesin. Semoga artikel kali ini cukup berguna bagi anda yang sedang memutuskan untuk membeli genset khususnya genset diesel.

Kekurangan dan Kelebihan Genset Diesel

Genset atau generator set sudah digunakan sejak tahun 1900an sebagai pemasok listrik cadangan. Mengingat kita tidak akan tahu apa yang terjadi kepada kita yang menyebabkan pasokan listrik hilang ataupun berkurang. Selain sebagai pemasok listrik cadangan genset juga bisa digunakan untuk menjadi sumber listrik dalam kondisi darurat seperti saat pemadaman listrik, ataupun saat sedang terjadi bencana alam. Genset atau kependekan dari generator set, menjadi pilihan terdepan sebagai penyedia listrik cadangan untuk berbagai macam kebutuhan. Genset hadir sebagai solusi jika ketersedian listrik mengalami kekurangan atau pada saat sedang terjadi pemadaman. Genset juga memiliki dua tipe utama yang pertama adalah genset open dan yang kedua adalah genset silent. Yang banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia pada umumnya adalah genset open. Hal itu dikarenakan genset open memiliki harga yang lebih murah dan terjangkau. Sedangkan genset silent, biasanya digunakan oleh para pelaku usaha maupun industry lainnya. Genset silent banyak digunakan sebagai pemasok listrik cadangan atau sebagai penambah pasokan listrik seperti di hotel, perkantoran, dan juga pabrik-pabrik. Berdasarkan bahan bakarnya, genset dengan bahan bakar solar atau dengan nama lain genset diesel lebih banyak digunakan oleh masyarakat. Berikut adalah kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh genset berbahan bakar solar yang satu ini.

  1. Efisiensi pembakaran tinggi namun harga lebih mahal

Genset diesel terbaru memiliki sistem pembakaran yang lebih efisien dibandingkan genset yang berbahan bakar bensin. Dengan pembakaran yang lebih efisien otomatis kinerja dari mesin gensetnya juga akan lebih efektif dan sesuai dengan harapan anda. Namun sayangnya pembakaran yang efisien ini menyebabkan harga jual dari genset diesel ini menjadi lebih mahal ketimbang genset yang berbahan bakar bensin. Pasalnya, mesin yang dipakai memiliki kualitas yang sedikit berbeda dari mesin yang digunakan pada genset berbahan bakar bensin.

 

  1. Torsi lebih besar namun suara lebih bising

Torsi yang dimiliki genser berbahan bakar solar atau genset diesel ini memang lebih besar daripada genset yang berbahan bakar bensin. Ini membuat daya yang dihasilkan oleh genset berbahan bakar solar lebih besar ketimbang yang berbahan bakar bensin. Namun sayangnya, besarnya torsi yang dimiliki genset diesel menghasilkan suara bising yang cukup keras dan sangat mengganggu pendengaran. Namun baru-baru ini, para produsen genset sedang mengembangkan teknologi mesin genset terbarukan yang dapat meredam suara bising yang dikeluarkan oleh genset.

 

  1. Perawatan mudah namun ukuran lebih besar

Kelebihan lain yang dimiliki genset yang satu ini adalah perawatan mesinnya yang cukup mudah. Jika anda tidak mengetahui bagaimana cara perawatannya maka anda bisa melihat dari buku panduan penggunaan genset yang anda dapat pada saat membeli genset tersebut. Namun kekurangannya adalah ukuran dari genset ini cukup besar sehingga mengharuskan kita untuk mengecek area yang lebih luas pada saat melakukan perawatan. Selain itu genset yang satu ini lebih berat daripada genset yang berbahan bakar bensin sehingga sedikit menyulitkan jika anda ingin memindah genset tersebut ke tempat lain.

 

Seperti itu lah penjelasan singkat tentang kelebihan dan kekurangan genset diesel. Semoga artikel kali ini dapat membuat kalian memahami lebih dalam tentang kelebihan serta kekurangan yang terdapat pada genset tersebut. Dengan mengetahui kelebihan dan kekurangan genset tersebut diharapkan nantinya tidak akan di bohongi oleh penjual karena sudah mengetahui kekurangan dan kelebihannya. Selain itu, diharapkan juga kita semua lebih berhati hati dalam memilih genset mana yang lebih sesuai dengan kebutuhan.