Bagian AVR Generator Mengalami Kerusakan, Yuk Simak Cara Memperbaikinya Berikut Ini

Dalam dunia permesinan, pastinya Anda sudah tidak asing lagi  bukan dengan yang namanya AVR generator? AVR genset merupakan sebuah alat yang sangat canggih. Alat ini biasanya dipasang pada genset yang mana berguna untuk mengatur tingkat kestabilan tegangan listrik yang selalu berubah-ubah sewaktu-waktu  tergantung penggunaannya.

AVR generator ini  juga merupakan alat yang rumayan rawan untuk rusak. Maka dari itu diperlukan sebuah perawatan yang tepat dan harus digunakan secara benar.  Bagian AVR yang sering mengalami kerusakan adalah pada bagian sekring atau yang disebut juga dengan fuse. Bagian ini sering putus. Putusnya bagian ini akan berdampak pada output tegangan dan juga arus listrik dari genset yang tidak akan bisa keluar. Hal ini karena adanya beban yang berlebihan atau terjadi overload dari berbagai macam beban yang terpasang pada generator set itu sendiri.

Kerusakan dari AVR generator karena adanya tkorslet atau adanya hubungan arus pendek yang terjadi pada berbagai peralatan listrik yang dipasang pada bagian genset. Ini disebabkan karena keausan dari beberapa komponen yang ada di dalamnya, misalnya saja bagian batu arang yang sudah mulai aus yang mana bisa menimbulkan terputusnya tegangan listrik yang mengalir ke beban dan juga bisa menimbulkan terjadinya percikan api pada bagian kumparan atau gulungan generator set.

Untuk mengatasi kerusakan pada AVR generator ini maka Anda perlu melakukan pembersihan pada bagian setiap komponen khususnya pada bagian trafo AVR. Bagian ini sering dilewati carbonbrush. Anda bisa membersihkannya dengan menggunakan kuas bersih. Bersihkan juga bagian kawat tembaga dengan menggunakan alat cutter. Bersihkan hingga kawat tersebut bersih dan mengkilat warnanya. Setelah itu, Anda bisa melonggarkan bagian baut pengunci lengan yang mana ini digunakan untuk mengatur tegangan. Kemudian, tekanlah ke arah kumparan pada trafo dan kencangkan. Hal yang perlu Anda perhatikan, apabila carbonbrush sudah dalam kondisi yang cukup alus dan tidak menyentuh bagian kumparan trafo maka Anda harus melakukan pergantian carbonbrush baru.

Secara umum, pada setiap unit mesin generator set  biasanya dilengkapi dengan komponen AVR generator, khususnya untuk jenis genset yang kapasitanya di atas 10 Kva. Itulah tadi bagian AVR yang harus Anda ketahui supaya Anda bisa mengoperasikannya  dengan baik dan aman. Selain itu, Anda juga bisa mengetahui prosedur yang harus Anda lakukan ketika terjadi kerusakan pada komponen tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *