Harga Jual Genset Yanmar Dan Spesifikasi Lengkapnya

Bagi kalangan profesional di dunia kelistrikan, tentunya berbagai seluk beluk mengenai genset sudah sangat familiar di luar kepala, tetapi lain halnya bagi mereka  yang masih awam. Meski tampak sederhana, tetapi ternyata tidak sesederhana yang tampak dari luar. Hal tersebut utamanya tentang spesifikasi dari genset yang merupakan hal yang paling harus diketahui bagi mereka yang hendak mencari genset maupun yang sudah memiliki genset.

Ketika berbicara mengenai genset maka merek yang pertama kali terlintas adalah yanmar, karena memang merek genset yang satu ini merupakan yang paling populer. Terbukti dengan banyaknya toko yang jual genset yanmar terbaik ini baik yang memiliki spesifikasi sederhana maupun kompleks. Lebih jelasnya, harga dan spesifikasi untuk genset yanmar berbagai varian dapat disimak pada pembahasan berikut ini.

  1. Genset yanmar model PL-8Y dengan type open dan silent

Genset yanmar yang pertama ini merupakan varian paling kecil dari keluarga genset yanmar. Daya outputnya hanya di angka 8 kVA dengan memiliki 3 phase. Frekuensinya sendiri bererak di angka 50 Hz dimana kecepatan masing-masing berkisar 1500 rpm, sementara voltase yang dibutuhkan pada varian ini sebesar 220/380V. Untuk bobotnya sendiri seberat 360 kg pada type open dan 511 kg pada type silent.

Menyasar pada type mesin, genset kecil ini menggunakan mesin dengan type 3TNV76-GGE yang ditopang oleh sistem pendingin yang disebut water cooled with radiator. Dengan spesifikasi demikian, harga yang harus dibayar untuk satu unit genset ini adalah sekitar 90,5 juta rupiah saja.

  1. Genset yanmar model PL-35Y dengan type open dan juga type silent

Jika model yang pertama dirasa terlalu kecil, maka tidak ada salahnya melirik model genset yanmar PL-35Y yang tergolong sebagai genset sedang. Seperti model kecil sebelumnya, tidak sulit menemukan model ini dijual pada toko yang jual genset yanmar. Dari segi daya out-put jelas lebih besar dimana model ini memiliki daya out-put sebesar 35 kVA meski tetap dengan 3 phase. Frekuensinya juga tetap berada di angka 50 Hz dengan kecepatan masing-masing sekitar 1500 rpm, dan begitu pun dengan voltage yang dibutuhkan yaitu tetap 220/380V. Tetapi kembali yang menjadi pembeda selain daya out-put adalah bobotnya yang untuk type open saja seberat 624 kg, sedangkan type silent seberat justru nyaris 1 ton atau tepatnya 991 kg.

Type mesin yang digunakan pun jelas berbeda, karena pada genset yanmar model ini menggunakan mesin bertipe 4TNV98-GGE yang kembali ditopang oleh sistem pendingin yang disebut water cooled with radiator. Genset yanmar PL-35Y ini diberi banderol dengan harga 138 juta rupiah. Tidak heran memang, karena melihat spesifikasi yang jauh lebih gahar maka cukup logis rasanya jika harga yang ditawarkan pun jauh lebih tinggi.

  1. Genset yanmar model PL-60Y

Varian paling besar dalam keluarga yanmar ini memiliki daya out-put 60 kVA atau hampir dua kali lipat model PL-35Y. Wajar jika harga yang ditawarkan pun nyaris dua kali lipat pula meskipun jumlah phase, frekuensi dan voltagenya tetap sama. Harga untuk membawa pulang satu unit genset yanmar PL-60Y ini adalah sekitar 210 juta rupiah.

Pada dasarnya harga yang ditawarkan oleh mereka yang jual genset yanmar untuk tiap-tiap varian atau model sangatlah rasional. Karena dengan harga itu, sudah mendapatkan spesifikasi yang cenderung di atas genset sekelasnya. Belum lagi soal halusnya suara yang dihasilkan sehingga tidak bising, serta label ramah lingkungan yang disematkan padanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *