Kekurangan dan Kelebihan Genset Diesel

Genset atau generator set sudah digunakan sejak tahun 1900an sebagai pemasok listrik cadangan. Mengingat kita tidak akan tahu apa yang terjadi kepada kita yang menyebabkan pasokan listrik hilang ataupun berkurang. Selain sebagai pemasok listrik cadangan genset juga bisa digunakan untuk menjadi sumber listrik dalam kondisi darurat seperti saat pemadaman listrik, ataupun saat sedang terjadi bencana alam. Genset atau kependekan dari generator set, menjadi pilihan terdepan sebagai penyedia listrik cadangan untuk berbagai macam kebutuhan. Genset hadir sebagai solusi jika ketersedian listrik mengalami kekurangan atau pada saat sedang terjadi pemadaman. Genset juga memiliki dua tipe utama yang pertama adalah genset open dan yang kedua adalah genset silent. Yang banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia pada umumnya adalah genset open. Hal itu dikarenakan genset open memiliki harga yang lebih murah dan terjangkau. Sedangkan genset silent, biasanya digunakan oleh para pelaku usaha maupun industry lainnya. Genset silent banyak digunakan sebagai pemasok listrik cadangan atau sebagai penambah pasokan listrik seperti di hotel, perkantoran, dan juga pabrik-pabrik. Berdasarkan bahan bakarnya, genset dengan bahan bakar solar atau dengan nama lain genset diesel lebih banyak digunakan oleh masyarakat. Berikut adalah kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh genset berbahan bakar solar yang satu ini.

  1. Efisiensi pembakaran tinggi namun harga lebih mahal

Genset diesel terbaru memiliki sistem pembakaran yang lebih efisien dibandingkan genset yang berbahan bakar bensin. Dengan pembakaran yang lebih efisien otomatis kinerja dari mesin gensetnya juga akan lebih efektif dan sesuai dengan harapan anda. Namun sayangnya pembakaran yang efisien ini menyebabkan harga jual dari genset diesel ini menjadi lebih mahal ketimbang genset yang berbahan bakar bensin. Pasalnya, mesin yang dipakai memiliki kualitas yang sedikit berbeda dari mesin yang digunakan pada genset berbahan bakar bensin.

 

  1. Torsi lebih besar namun suara lebih bising

Torsi yang dimiliki genser berbahan bakar solar atau genset diesel ini memang lebih besar daripada genset yang berbahan bakar bensin. Ini membuat daya yang dihasilkan oleh genset berbahan bakar solar lebih besar ketimbang yang berbahan bakar bensin. Namun sayangnya, besarnya torsi yang dimiliki genset diesel menghasilkan suara bising yang cukup keras dan sangat mengganggu pendengaran. Namun baru-baru ini, para produsen genset sedang mengembangkan teknologi mesin genset terbarukan yang dapat meredam suara bising yang dikeluarkan oleh genset.

 

  1. Perawatan mudah namun ukuran lebih besar

Kelebihan lain yang dimiliki genset yang satu ini adalah perawatan mesinnya yang cukup mudah. Jika anda tidak mengetahui bagaimana cara perawatannya maka anda bisa melihat dari buku panduan penggunaan genset yang anda dapat pada saat membeli genset tersebut. Namun kekurangannya adalah ukuran dari genset ini cukup besar sehingga mengharuskan kita untuk mengecek area yang lebih luas pada saat melakukan perawatan. Selain itu genset yang satu ini lebih berat daripada genset yang berbahan bakar bensin sehingga sedikit menyulitkan jika anda ingin memindah genset tersebut ke tempat lain.

 

Seperti itu lah penjelasan singkat tentang kelebihan dan kekurangan genset diesel. Semoga artikel kali ini dapat membuat kalian memahami lebih dalam tentang kelebihan serta kekurangan yang terdapat pada genset tersebut. Dengan mengetahui kelebihan dan kekurangan genset tersebut diharapkan nantinya tidak akan di bohongi oleh penjual karena sudah mengetahui kekurangan dan kelebihannya. Selain itu, diharapkan juga kita semua lebih berhati hati dalam memilih genset mana yang lebih sesuai dengan kebutuhan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *