3 Hal Yang Wajib Diketahui Sebelum Membeli Genset Diesel

Memiliki pasokan listrik cadangan di zaman sekarang ini memanglah bukan hal yang baru lagi. Semakin bertambahnya tahun, semakin bertambah pula kesadaran orang-orang untuk memiliki cadangan listrik sendiri. Mengingat akhir-akhir ini banyak kejadian yang tak terduga yang berdampak langsung pada listrik seperti pemadaman, bencana alam baik kecil maupun besar, serta acara kemasyarakatan yang memaksa kita untuk menyediakan listrik dalam jumlah yang besar. Genset yang biasa digunakan umumnya berbahan bakar bensin atau solar. Yang lebih banyak dipakai sebagai pemasok energi cadangan ialah genset berbahan bakar solar atau biasa kita kenal dengan genset diesel. Genset yang satu ini memiliki kualitas yang cukup bagus dan juga memiliki umur yang panjang pada umumnya. Genset ini sangat cocok untuk menjadi penyedia listrik cadangan bagi akifitas sehari-hari, acara besar, maupun saat dalam kondisi darurat. Berikut adalah beberapa hal yang wajib diketahui sebelum anda membeli genset diesel.

  1. Sesuaikan kebutuhan listrik

Sebelum memutuskan untuk membeli genset diesel yang anda inginkan, ada baiknya jika anda memperhatikan berapa kebutuhan listrik yang akan anda butuhkan untuk kegiatan anda. Anda harus memperhatikan fungsi genset tersebut setelah nantinya terbeli. Jika anda hanya butuh genset tersebut untuk cadangan jika sewaktu-waktu listrik mati maka pilihlah genset dengan daya listrik yang kecil. Jika anda membutuhkan genset untuk kepentingan industry seperti pabrik, kebutuhan usaha, dan lainnya maka pilihlah genset yang memiliki daya yang besar agar mampu menyediakan listrik untuk kepentingan anda tersebut.

 

  1. Perhatikan Harga

Hal ini menjadi poin yang paling penting yang harus anda lakukan sebelum membeli genset. Pastikan anda memiliki persiapan dengan menggali lebih banyak informasi soal harga genset yang akan anda beli di pasaran. Anda bisa mendapatkan informasi tersebut dari internet maupun sumber informasi lainnya. dengan mengetahui harga pasaran genset tersebut, maka anda bisa melakukan perbandingan harga antara genset satu dengan yang lainnya. Harga genset sendiri sangat bervariatif mulai dari yang murah sampai yang mahal tergantung jenis dan tipe genset tersebut. Biasanya genset silent cenderung lebih mahal daripada genset open. Hal ini disebabkan karena genset silent memiliki pelindung atau box yang melindungi body genset. Pelindung ini dapat meredam suara berisik dari genset tersebut sekaligus dapat meredam poklusi yang dihasikan dari mesin genset. Selain itu, genset dengan bahan bakar solar biasanya lebih mahal daripada genset yang berbahan bakar bensin.

 

  1. Ketersediaan suku cadang

Pilihlah genset dengan merk terkenal yang sudah terpercaya dan teruji kualitasnya. Karena pada umumnya, semakin terkenalnya merk genset maka akan semakin mudah mencari suku cadang yang dibuthkan jika sewaktu waktu genset mengalami kerusakan. Dengan mudahnya mendapatkan suku cadang mesin genset yang kita punya otomatis akan mempermudah anda pada saat melakukan servis dan perawatan berkala yang dilakukan setiap bulan.

 

Jadi menyediakan genset sebagai penyedia lstrik cadangan cukup penting untuk dilakukan. Pilihlah genset diesel yang memang sudah terbukti kualitasnya dan yang paling laris di pasaran. Ketiga hal diatas penting untuk dilakukan untuk mencegah anda membeli genset yang salah atau tidak sesuai dengan kebutuhan anda. Salah membeli genset juga akan menyebabkan beberapa kerugian pada anda seperti kerugian biaya, waktu, dan juga ketahanan mesin. Semoga artikel kali ini cukup berguna bagi anda yang sedang memutuskan untuk membeli genset khususnya genset diesel.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *