Bagaimana Memilih Genset 3 Phase Bekas Namun Berkualitas?

Bagi sebagian masyarakat, membeli barang bekas merupakan salah satu alternatif untuk mengurangi beban anggaran.Hal ini juga berlaku untuk barang–barang elektronik ataupun mesin seperti genset.Karena harga genset terutama genset 3 Phase terbaru termasuk cukup mahal maka banyak orang yang membeli produk bekas pakai.Meskipun banyak orang yang mengatakan jika membeli barang seperti genset bekas kurang menguntungkan karena kualitasnya tidak seperti produk baru tapi tidak semuanya benar demikian.

Cara Memilih genset bekas

Tidak semua genset bekas memiliki kualitas yang buruk semua itu tergantung pada seberapa lama genset tersebut digunakan dan juga kerusakan yang dimilikinya (jika ada).Jika kalian termasuk orang yang rajin dan teliti maka bukan tidak mungkin jika kalian bisa mendapatkan genset bekas berkualitas dengan harga yang cukup terjangkau. Namun, sebelum kalian membelinya ada baiknya kalian mengetahui cara memilih genset bekas yang bagus lebih dulu.

  1.   Pilih merek yang terkenal

Semakin terkenal suatu merek maka biasanya kualitas yang diberikan lebih bisa dipercaya. Selain masalah reputasi, masalah  perawatan dan service juga akan mempengaruhi. Genset dengan merek terkenal biasanya lebih banyak memiliki layanan pelanggan. Selain itu, merek-merek terkenal biasanya juga lebih banyak memiliki tenaga ahli sehingga jika mengalami kerusakan kalian tidak perlu repot mencari teknisi yang berpengalaman.

  1.   Perhatikan umur dan lama penggunaan

Hal pertama yang perlu kalian perhatikan saat membeli genset bekas adalah berapa usia dan sejarah mesin tersebut. Mesin genset biasanya memiliki pembacaan seperti yang dimiliki oleh mobil sehingga akan memudahkan kalian untuk mengetahui kebutuhan mesin tersebut. Perlu kalian ketahui, genset yang dijadikan sebagai sumber daya cadangan biasanya memiliki kualitas yang lebih bagus karena lebih dirawat sehingga memiliki keausan yang tidak begitu parah sehingga lebih baik memilih genset seperti ini jika ingin membeli genset bekas.

  1.   Reputasi tempat asal genset

Biasanya genset bekas kerap berasal dari proses penyitaan ataupun lelang suatu pabrik. Meskipun sering dianggap tidak penting namun ada baiknya jika kalian mengetahui riwayat genset tersebut sebelum berada di tangan kalian. Hal ini dikarenakan genset tersebut nantinya akan digunakan untuk kepentingan usaha sehingga kalian bisa saja tempat sebelumnya terkena suatu bencana atau sesuatu yang bisa mempengaruhi performa mesin genset tersebut.

  1.   Kerusakan yang dialami

Berhati-hati saat kalian menemukan genset bekas yang mengalami kerusakan baik kerusakan kecil maupun kerusakan yang serius.Hal ini dikarenakan sekecil apapun kerusakan yang terjadi dikhawatirkan bisa mengganggu kinerja genset tersebut dikemudian hari.Oleh sebab itu, saat membeli sebaiknya pastikan selalu membawa teknisi ahli yang terpercaya untuk meneliti mesin tersebut.

Membeli secara langsung sangat dianjurkan

Tidak seperti produk lainnya, membeli genset tidak bisa dilakukan secara online. Meskipun ada penjual yang menawarkan produk serupa di berbagai e-commerce namun karena kalian akan membeli genset bekas maka sebaiknya kalian datang langsung ke tempat penjualan. Selain lebih praktis, cara ini juga bisa dikatakan lebih aman.

Biasanya, genset bekas terutama genset 3 Phasemerupakan genset yang diperoleh dari hasil penyitaan ataupun lelang yang berasal dari pabrik-pabrik yang dinyatakan bankrut.Karena itulah maka kalian disarankan untuk membawa seorang teknisi terpercaya.Kebanyakan genset bekas sudah digunakan cukup lama sehingga ada kemungkinan kerusakan yang bisa mempengaruhi kinerja mesin-mesinnya.Namun, hal itu tidak membuat semua genset bekas bermasalah. Meskipun cukup jarang tapi jika kalian beruntung maka kalian bisa menemukan genset yang belum terlalu lama dipakai sehingga kualitasnya hampir sama seperti baru. .

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *